Selasa, 10 Mei 2011

Fenomena Properti Di Indonesia


Geliat properti tanah air sepertinya begitu nampak meskipun ketika negara-negara lain mengalami dampak krisis mulai dari subprime mortgage di amerika, hingga krisis dubai di dunia properti. Sepertinya kebutuhan masyarakat akan properti tidak akan pernah surut seiring pertumbuhan jumlah penduduk. Jadi bagi anda yang berinvestasi di bidang properti tampaknya tidak perlu ragu, pasti akan terus meningkat tiap tahunnya.

Lantas dimanakah wilayah yang mengalami pertumbuhan properti paling pesat se indonesia? coba Anda tebak! Jakarta? Bukan! Melainkan di Karawaci dan Serpong! Ya... tahukah anda dimana wilayah yang bernama  Karawaci dan Serpong itu? Karawaci berada di  Serpong tepatnya berada di kota tangerang dan tangerang selatan. Wilayah ini cukup luas hingga berbatasan dengan kabupaten Bogor. Dengan terpilihnya bagian dari wilayah Tangerang ini, bukan berarti kota besar lainnya tidak membangun, namun di sinilah daerah yang paling cepat dalam membangun sebuah kawasan mandiri yang terintegrasi.

Ada 5 pemain besar yang berperan dalam kawasan Karawaci dan Serpong. Untuk Karawaci sendiri terlihat jelas dikuasai oleh Lippo Group yang telah sukses menciptakan kawasan mandiri dan meningkatkan harga jual sebuah kawasan. Di Karawaci lah asal mula kesuksesan Lippo Group hingga saat ini yang sedang membangun mega proyek di kawasan CBD Puri Indah bernama ST. Moritz (akan saya bahas pada topik berikut). Untuk wilayah Serpong ada 4 pemain besar, yaitu Simas Property (BSD), Alam Sutera Realty, Paramount Serpong, dan Summarecon Serpong. Simas Property memiliki cadangan tanah yang terluas dibanding para pesaing lainnya, kemudian di urutan ke dua ada Paramount Serpong yang saat ini sedang melakukan ekspansi besar untuk super cluster bernama il-lago, selanjutnya di nomor tiga ditempati oleh Alam Sutra Realty yang baru saja membuka jalur akses tol dari dan menuju Jakarta-Alam Sutra. Alam Sutra Realty pada saat ini sedang membangun sebuah mal, apartemen, dan perkantoran yang menjadi satu. Dan yang menempati urutan ke empat adalah Summarecon Serpong. Summarecon saat ini sedang memperluas Summarecon Mal Serpong serta memasarkan komplek apartemen, perkantoran, dan lifestyle center di kawasan bernama Scientia Garden. Dari ke 5 developer tersebut,  keseluruhannya mampu menjual hingga sold out pada tahap launching!! Sungguh hal yang tidak disangka, ketika market properti di Jakarta terlihat sudah mulai jenuh dengan banyaknya jumlah pasokan hunian namun di Tangerang terjadi sebaliknya. Hal ini tentu saja didukung banyak faktor, seperti konsep kawasan terpadu, komitmen developer itu sendiri, fasilitas, sarana dan prasarana, serta prospek untuk dijadikan sebuah investasi.

Pada topik selanjutnya saya akan mengupas mengenai proyek Scientia Garden di Summarecon Serpong, nantikan yah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar